Selasa, 22 September 2015

Indonesia itu Kaya dan Unik! Alat Transportasi Tradisional ini menjadi Bukti Keunikan Indonesia

   Indonesia sebuah negara yang tak ternilai keberagaman dan kekayaan budaya nya, mulai dari tarian, adat istiadat, lagu-lagu daerah, makanan, tempat wisata, dan tidak terkecuali alat transportasi di Indonesia. Semua elemen punya ciri khas nya masing-masing dan benar-benar merupakan asli dari Indonesia. Alat transportasi tradisional dan khas Indonesia memang tidak sebagus dan secanggih alat transportasi di luar negeri, tapi punya nilai yang sangat berharga dan penting karena meramaikan dan memperkaya warisan budaya Indonesia. Saking uniknya alat transportasi tradisional ini banyak dijadikan benda-benda pajangan dan miniatur untuk mempercantik ruangan atau sebagai koleksi para wisatawan dalam negeri atau mancanegara. Toped akan kasih info buat Toppers tentang macam-macam alat transportasi tradisional yang khas dan asli Indonesia yang mungkin beberapa diantaranya belum kamu ketahui sebelumnya.

Delman

Alat transportasi tradisional asli Indonesia yang sudah banyak dikenal adalah delman nih, Toppers. Sudah pasti kamu semua tau kan gimana bentuk delman? Buat yang belum tau, delman itu adalah kereta yang terbuat dari kayu, dengan dua roda, tiga roda atau empat roda yang ada di samping kiri dan kanan nya , dan seekor kuda yang menjadi mesin penggerak nya. Delman ini sebenarnya sangat mirip dengan kereta kencana, namun perbedaannya, penumpang dari delman ini duduk saling berhadapan. Keunikan lain dari delman adalah sebutannya. Pasti Toppers yang sudah pernah main ke daerah Bandung atau Yogyakarta tau perbedaannya. Iya, sebutan delman di berbagai daerah itu berbeda, di Bandung disebut sado, di Yogyakarta disebut andong, di Lombok disebut cidomo dan di Padang disebut bendi. Kuda yang menjadi pengganti mesin penggerak delman ini gak mungkin jalan sendirian, harus ada bantuan dari seorang kusir untuk membantu mengarahkan jalan kepada si kuda. Unik banget kan, alat transportasi delman ini memang sangat ramah lingkungan selain kita bisa menikmati udara dan pemandangan yang ada, juga tidak ada polusi yang dihasilkan karena tidak menggunakan tenaga mesin.

Becak


sumber foto: phalum.blogspot.com
Becak merupakan alat transportasi tradisional yang menggunakan tenaga manusia. Bentuk dari becak hampir mirip dengan sepeda, namun becak memiliki tiga roda, yaitu dua roda di depan dan satu roda di belakang. Pengemudi becak duduk di belakang atau disamping dan becak mampu menampung 2 (dua) orang penumpang. Becak ini memang punya pro dan kontra nih, Toppers, di kalangan masyarakat Indonesia. Daerah dengan jumlah pengangguran yang tinggi akan dengan mudah menjadi pengemudi becak dan semakin banyak becak yang ada, lalu lintas di jalan akan semakin ruet karena memang laju dari becak termasuk lamban dan tidak secepat kendaraan bermotor seperti motor dan mobil. Namun, becak punya keunggulan karena tidak menyebabkan atau mengeluarkan polusi udara, tidak mempunyai suara bising dan mampu menarik wisatawan mancanegara. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang melarang beroperasinya becak loh. Gimana nih tanggapan kamu yang tinggal di Jakarta dengan menghilangnya becak di daerah ini?

Sepeda Onthel

Sepeda onthel adalah alat transportasi dengan menggunakan tenaga manusia. Dulu pada tahun 1970-an, sepeda onthel adalah kendaraan umum yang sering dipakai oleh masyarakat Indonesia, namun seiring dengan perkembangan jaman sepeda onthel mulai digantikan dengan kendaraan bermotor. Keberadaan sepeda onthel sebetulnya tidak 100% hilang, karena selain adanya ojek sepeda menggunakan sepeda onthel, ada banyak juga komunitas pecinta sepeda onthel yang meramaikan kembali kehidupan sepeda onthel.

Klotok

Berbeda dengan transportasi di Pulau Jawa dan Sumatera yang menggunakan alat transportasi darat, di Kalimantan Tengah, masyarakat di sana harus menggunakan perahu klotok sebagai alat transportasi. Perahu klotok adalah transportasi sungai yang terbuat dari kayu dan menggunakan tenaga mesin solar yang mampu menampung kurang lebih 5 sampai 30 orang tergantung besar kecilnya perahu klotok itu sendiri. Perahu ini mengeluarkan suara “tok tok tok” yang membuat nama dari perahu ini menjadi perahu klotok. Tidak hanya ada di Kalimantan Tengah, tapi klotok memang banyak ditemukan di Pulau Kalimantan.

Bentor

Alat transportasi lain yang juga khas Indonesia adalah bentor. Bentor merupakan singkatan dari becak motor, perbedaannya jika becak asli menggunakan tenaga manusia untuk menjalankan becak, bentor menggunakan tenaga mesin sehingga pengemudi tidak perlu menggoes sepeda/becak itu sendiri. Sumatera Utara adalah salah satu Provinsi yang sangat terkenal dan masih menggunakan transportasi bentor, tapi ternyata bukan hanya di Sumatera Utara tapi bentor pun ada di Gorontalo dan juga pemukiman di Makassar. Pengemudi bentor di Sumatera Utara berada di samping bentor atau duduk di samping penumpang, kalau di Pulau Sulawesi pengemudi bentor berada di belakang sama seperti becak tradisional yang tidak menggunakan mesin.

Sumber: https://blog.tokopedia.com/2015/09/indonesia-itu-kaya-dan-unik-alat-transportasi-tradisional-ini-menjadi-bukti-keunikan-indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar