Selasa, 22 September 2015

    Transportasi Tradisional Milik Indonesia

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Zaman Modern saat ini, Semakin banyak ditemui berbagai transportasi Canggih di berbagai negara. Hal ini dilakukan agar masyarakat-nya nyaman menggunakan transportasi umum. Namun demikian, Indonesia memiliki keistimewaan, karena transportasi umum Indonesia masih tradisional dan langka, diantaranya :

1. Delman

Transportasi ini menggunakan kuda sebagai penggeraknya. Nama kendaraan ini, persis seperti nama penemunya, Charles Theodore Deelman, seorang litografer dan insinyur pada masa Hindia Belanda. Orang Belanda menyebut kendaraan ini dengan nama dos-à-dos, yaitu sejenis kereta yang posisi duduk penumpangnya saling memunggungi.

Istilah dos-à-dos ini kemudian oleh penduduk pribumi Batavia disingkat lagi menjadi 'sado', Di propinsi indonesia lainnya, Delman memiliki nama seperti Andong, yang memiliki roda empat.


2. Becak

adalah transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia . Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan :

- Becak dengan pengemudi di belakang. Biasanya ini di Jawa

- Becak dengan pengemudi di samping. Biasanya ini di Sumatera


3. Bentor

adalah kendaraan khas masyarakat Gorontalo. Ide kendaraan ini adalah becak yang di beri sepeda motor di bagian belakangnya. Motor yang digunakan adalah motor jenis bebek. Bentor sudah beroperasi secara ilegal di Makasar, Kotamobago, Bolaang Mongondow di Sulawesi Utara, Luwuk di Sulawesi Tengah. Bentor dapat dimuati oleh 2 orang tetapi sering juga terjadi diisi 3 orang bahkan sampai 5 orang dengan dua penumpang membonceng di belakang pengemudi.


4. Angkutan Kota

adalah sebuah transportasi perkotaan dengan rute yang sudah ditentukan. Tidak seperti bus yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan, angkutan kota dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja.


5. Ojeg

adalah transportasi umum yang ada diseluruh Indonesia yang berupa sepeda motor. Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa berdua. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan abang ojeg terlebih dahulu setelah itu abang ojeg akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya. Ojeg ada di seluruh Indonesia Karena kelebihannya dengan angkutan lain yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Selain itu dapat menjangkau daerah-daerah dengan gang-gang yang sempit dan sulit dilalui oleh mobil. Biasanya ojeg berada di persimpangan jalan yang ramai, atau di jalan masuk kawasan permukiman.


6. Pedati

adalah sebuah kendaraan atau alat yang memiliki dua atau empat buah roda yang digunakan sebagai sarana transportasi mengangkut orang, maupun mengangkut barang-barang. Pedati dapat ditarik oleh hewan seperti kuda, sapi, kambing, zebu. Pedati umumnya ada di wilayah pedesaan Indonesia.


7. Becak Motor

adalah istilah yang digunakan di Sumatera utara untuk becak yang digerakkan dengan mesin, disebut juga sebagai becak motor. Becak mesin ini merupakan transportasi yang sangat populer di Sumatera Utara untuk perjalanan dari pintu ke pintu (door to door service).


8. Cidomok

adalah alat transportasi tenaga kuda khas pulau Lombok, secara fisik kendaraan ini mirip dengan delman atau andong yang terdapat di pulau Jawa, perbedaan utamanya dengan delman atau andong adalah alih-alih menggunakan roda kayu, cidomo menggunakan roda mobil bekas sebagai rodanya. Sampai saat ini alat transportasi ini masih menjadi sarana utama transportasi terutama pada daerah-daerah yang tidak dijangkau oleh angkutan publik dan daerah-daerah sentra ekonomi rakyat seperti pasar.


9. Dokar Yogya

Dokar berbeda dengan andong. Dokar hanya mempunyai dua roda dan ditarik oleh satu kuda, sedangkan andong mempunyai roda empat yang bisa ditarik satu atau dua kuda.  Keberadaan dokar sebagai salah satu warisan budaya Jawa memberikan ciri khas tersendiri di tempat-tempat wisata, seperti Parangtritis, Alun-alun Kidul Yogyakarta Indonesia dan Malioboro Yogya.


10. Ojeg Sepeda

adalah primadona transportasi Indonesia sejak tahun tujuh puluhan. Dahulu transportasi yang satu ini digunakan sebagai alat transportasi utama, tapi di era millennium seperti saat ini mulai dilupakan. Untuk saat ini, transportasi yang unik dan jarang ditemukan, dapat di nikmati di Terminal Tanjung Priuk atau di perempatan Stasiun KA Jakarta Kota (Beos) serta kawasan gang-gang sempit di Indonesia.


Untuk hal ini, Indonesia patut berbangga. Ditengah maraknya transportasi canggih yang diciptakan, namun Indonesia masih belum kehilangan transportasi-transportasi budaya. Meski kelihatannya jauh tertinggal, namun setidaknya Indonesia menjadi unik dalam hal transportasi.


Sumber: http://www.kompasiana.com/dianrarry/transportasi-tradisional-milik-indonesia_54f4028e745513a22b6c828f

Tidak ada komentar:

Posting Komentar