Sabtu, 12 September 2015


 Cara membuat ban Motor Corsa


Proses ini melalui beberapa tahapan yang secara garis besar adalah membuat telapak ban, dinding ban, body ply, lalu proses penyatuan, cetak ban, dan tahap akhir. Tiap tahap terdapat sub-sub tahap lagi.

"Setelah membuat kompon telapak dan dinding ban, kami masuk bagian semi-manufacturing. Semi-manufacturing itu membuat bagian-bagian ban. Ada telapak ban, kemudian dinding ban, kemudian body ply. Body ply adalah benang yang dilapisi kompon tadi atau karkas bahasanya. Setelah itu, bikin ring, ukuran 13, 14, 16, 17. Terakhir ada innter liner. Innter liner adalah pengganti ban dalam untuk yang tubeless," urainya.
Setelah, bagian-bagian tersebut akan masuk ke tahapan tyre building. "Ini tempat menggabungkan bagian-bagian tadi. Gabungin telapaknya, dindingnya, bagian dalamnya, jadilah yang namanya green tyre atau ban yang belum dimasak," ujarnya.
Proses selanjutnya adalah pencetakan atau dsebut "curing". Dalam prosesnya, suhu pembakaran sangat berpengaruh. Untuk produk ban mobil mereka sendiri, panas pembakaran mencapai 180 derajat.

"Masuk ke bagian cetak ban. Curing. Untuk ban mobil itu cetaknya 180 derajat, lebih kurang. Selanjutnya finishing," katanya.
Dalam tahapan finishing, perusahaan ini memanfaatkan pekerja perempuan. Mereka dipercaya untuk memperhatian produk yang sudah jadi secara visual dan memastikan bahwa tidak ada kekurangan.
"Apakah ban ini layak untuk kami keluarkan. Jadi cek satu per satu, tulisannya ada cacat atau tidak, telapaknya ada yang aneh atau tidak. Kalau semua sudah bagus, distempel. Ada stempelnya. Selanjutnya proses wraping, sesuai pembagian, tubeless, atau tube tyre, setelah itu baru dikirim," ujarnya.
Pembuatan bannya sendiri memakan waktu 12 jam, mulai dari masuk, hingga proses akhir.

Sumber: http://www.merdeka.com/otomotif/begini-cara-buat-ban-motor-corsa.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar